Whatsapp
Conductivity Meter | Konduktivitas Listrik dan Klasifikasi Air Berdasarkan Konduktivitasnya

Conductivity Meter | Konduktivitas Listrik dan Klasifikasi Air Berdasarkan Konduktivitasnya

Conductivity Meter | Konduktivitas Listrik

Definisi conductivity ialah  kemampuan air untuk meneruskan arus listrik yang dinyatakan dalam satuan Umhos/cm (Us/Cm).  Senyawa organic adalah penghantar listrik (konduktor) yang baik, sedangkan senyawa anorganic adalah penghantar listrik yang lemah.

alat untuk mengukur konduktivitas

Dalam arti lain, conduktivity adalah kemampuan menghantarkan panas, listrik dan suara melalui berbagai media seperti panas dan elektron2 dalam logam.

Air murni atau air yang bagus adalah air yang sulit dalam menghantarkan atau mengalirkan listrik karena sedikitny kandungan  jumlah elektron-elekton di dalam air murni.

Konduktivitas sebanding bertambahnya  salinitas.  Secara  umum,  faktor  yang lebih    dominan    dalam    perubahan    konduktivitas    air    adalah temperatur. Untuk mengukur konduktivitas digunakan conductivity meter.

Berdasarkan  nilai  DHL (daya hantar listri/konduktivitas), jenis  air  juga  dapat dibedakan melalui nilai pengukuran daya hantar   listrik dalam  μmho/cm  pada  suhu  25 derajat celcius, pada tabel dibawah ini:
jual conductivity meter | jual konduktivitimeter

Berdasarkan  batas  konduktivitas  listrik  klasifikasi  intrusi  air  laut dapat juga  dibedakan yaitu sebagai berikut:

jual conductivity meter

Artikel pilihan

Urutan Filter Air

Bagaimana urutan pemasangan filter air yang benar? Baca di sini.

read more

Artikel pilihan

Cara Membuat Filter Air

Bagaimana cara membuat penyaring air keruh untuk rumah? Baca di sini.

read more